chocolate for beauty

Kamis, 22 Maret 2012

Coklat dikenal sebagai makanan yang sangat disukai sekaligus ditakuti. karena dikenal sebagai camilan yang nikmat, coklat banyak mengandung gula sehingga sering menimbulkan ketakutan akan kenaikan gula darah hingga kegemukan. Namun dibalik itu semua, sesungguhnya coklat merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Coklat dikatakan merupakan salah satu makanan yang mengandung anti oksidant tinggi. Adalah polyphenol yang banyak terkandung dalam coklat yang disebut membawa manfaat bagi kesehatan.
Polyphenol adalah phytochemical yang ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan. walaupun polyphenol bukan nutrisi esential, namun dapat meningkatkan kesehatan.Polyphenol yang terdapat dalam coklat disebut sebagai flovanoid. Flavonoid melindungi sel dan jaringan dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga menurunkan resiko hipertensi, penyakit kardiovaskular dan resistensi insulin. hal ini disebabkan karena coklat dapat meningkatkan aktivitas nitrit oxida. Dimana nitrit oxida memiliki efek melebarkan pembuluh darah dan mencegah pembetukan clot dalam pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi injuri pembuluh darah.
Selain mempunyai efek proteksi kardiovaskular, coklat juga sangat baik untuk kulit. dalam beberapa jurnal, dikatakan bahwa coklat memiliki efek UV-protection yang cukup baik. Sinar UV bagi kulit dapat menurunka imunitas dan mempercepat proses aging. nmengkonsumsi coklat secara rutin dapat mengurangi kejadian eritema kulit akibat paparan sinar matahari. flavonoid mengurangi produksi prostaglandin, dimana prostaglandin dihasilkan dari hasil reaksi inflamasi kulit akibat paparan sinar matahari.
Pada cocoa dengan kandungan flavonoid yang tinggi dapat menimbulkan vasodilatasi mikrosirkulasi kulit, yang membawa aliran darah berisi nutrisi dan suplai oksigen sehingga memperbaiki kondisi kulit.
Hal ini juga meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi transepidermal water loss, sehingga memperbaiki tekstur kulit.

0 komentar: